Cari Dari Sini

Rabu, 01 Desember 2010

Jenis-jenis Paragraf


1. Paragraf Deduktif
Topik : Proses Pembentukan Urin Mamalia
        
         Proses pembentukan urin di dalam tubuh terdiri dari empat tahap, yaitu filtrasi, reabsorbsi, sekresi, dan augmentasi. Filtrasi adalah proses yang menyaring darah melalui pembuluh kapiler khusus yang disebut glomerulus dan sebuah cawan yang disebut Kapsula Bowman. Proses reabsorbsi adalah proses  penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna bagi tubuh dari komponen darah yang telah tersaring pada proses filtrasi, seperti glukosa, asam amino, air, dan garam-garam mineral. Proses sekresi adalah proses [enmabahan zat-zat yang tidak penting bagi tubuh ke dalam urin seperti urea. Proses augmentasi adalah proses pengeluaran urin dari dalam tubuh.

2. Paragraf Induktif
Topik : Kaitan Antara Biologi dan Kimia dalam Ilmu Medis

           Biologi adalah cabang ilmu yang mempelajari segala sesuatunya tentang makhluk hidup, sedangkan Kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari interaksi zat dan unsure di bumi. Dalam ilmu medis makhluk hidup adalah objeknya, khususnya manusia dan hewan. Dalam menangani kesehatan makhluk hidup, kita harus mengetahui reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh agar tindakan yang diambil sesuai dan tidak merugikan makhluk hidup tersebut. Maka dari itu, Ilmu Kimia sangat berperan dalam mengetahui berbagai reaksi yang ada di dalam tubuh. Jadi dalam ilmu medis, peran biologi dan kimia sangat erat dan tidak bisa dipisahkan.





3. Deduktif-Induktif
Topik : Sistem Pencernaan Mamalia
        
         Dalam system pencernaan mamalia terdiri dari saluran dan kelenjar. Yang termasuk saluran dalam system pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Sedangkan yang termasuk kelenjar dalam system pencernaan adalah kelenjar ludah, pancreas, dan hati. Dalam system pencernaan kedua hal ini saling bekerja sama dalam mengubah makanan menjadi zat yang dapat digunakan oleh tubuh. Jadi, dalam system pencernaan terdapat organ yang berupa saluran dan kelenjar yang saling berkaitan.

4. Paragraf dengan Kalimat Inti di Tengah Paragraf
Topik : Biologi Sel

           Sel adalah unit terkecil dari mekhluk hidup. Di dalam sel terdapat unit-unit yang bekeja saling behubungan satu dengan yang lain. Selain itu, banyak proses yang terjadi dalam sel itu sendiri, mulai dari proses pembentukan energy, pembelahan, hingga pembuangan zat hasil perombakan nutrisi. Semua hal mengenai sel dibahas oleh cabang ilmu biologi yang disebut Biologi Sel. Dengan mempelajari Biologi Sel, kita dapat mengetahui bagaimana proses yang terjadi dalam sel dan mengetahui komponen sel. Selain itu kita dapat mengaplikasikan ilmunya dalam pengembangan  teknolgi yang bebasis pada proses-proses yang terjadi dalam sel.







5. Paragraf Kronologis
Topik : Proses Pencernaan Pada Sapi

         Proses pencernaan makanan pada sapi dimulai dengan mengunyah makanan di dalam mulut. Setelah dikunyah, makanan masuk ke perut besar untuk difermentasi. Makanan yang telah difermentasi di perut besar, kemudian masuk ke dalam perut jala untuk menyempurnakan proses fermentasi. Setelah makanan difermentasi di perut jala, mamahannya kembali ke dalam mulut untuk dikunyah kembali menjadi serat, agar lebih mudah dicerna. Sapi kemudian menelan kembali mamahan tersebut  dan bergerak menuju ke perut kitab dan selanjutnya ke perut masam. Perut masam adalah lambung yang sesungguhnya pada sapi. Setelah melewati perut masam, mamahan masuk ke usus halus untuk proses penyerapan nutrisi dari mamahan tersebut. Sisa mamahan yang tidak dibutuhkan kemudian diproses oleh usus besar membentuk feses. Akhirnya feses dikeluarkan dari tubuh melalui anus.

6. Paragraf Klimaks
Topik : Kematian Akibat Penyakit AIDS

         Penyakit AIDS disebabkan oleh virus HIV. Penyakit AIDS diawali dengan terinfeksinya sesorang oleh HIV melalui kontak langsung dengan penderita, seperti penggunaan jarum suntik bergantian, hubungan seks, perukaran cairan tubuh, dan sebagainya. Setelah terinfeksi, virus tersebut tidak langsung menyebabkan AIDS, melainkan menetap dalam komponen sistem kekebalan tubuh. Virus ini menetap selama beberapa tahun, biasanya dua tahun. Setelah menetap selama dua tahun, virus ini kemudian menggandakan diri sebanyak mungkin, hingga sel tempat virus ini menetap mati. Proses ini berlanjut secara terus menerus hingga kadar kekebalan tubuh mengalami penurunan yang sangat drastic. Hal ini biasanya terjadi setelah 4-5 tahun setelah seseorang dinyatakan menderita AIDS. Pada saat itulah penyakit-penyakit lain masuk ke tubuh sehingga menyebabkan komplikasi penyakit. Penyakit yang masuk sebenarnya tidak berbahaya bagi orang yang system kekebalannya normal, namun karena system kekebalan tubuh pada penderita AIDS sangat rendah, maka penyakit-penyakit tersebut bisa sangat fatal. Setelah infeksi berbagai penyakit selama beberapa tahun, penderita AIDS kemudian meninggal.

7. Paragraf Antiklimaks
Topik : Suksesi Ekosistem

         Setelah terjadi bencana alam yang menyebabkan sebuah ekosistem rusak parah dan hancur, seperti kebakaran hutan, diterjang tsunami, terkena awan panas, dan sebagainya, ekosistem tersebut dapat memulihkan lingkungannya sendiri. Proses ini disebut suksesi. Dimulai dengan tumbuhan lumut yang  tumbuh di pepohonan yang tumbang. Setelah beberapa tahun terjadi pelapukan-pelapukan yang menyebabkan unsur-unsur hara masuk kembali ke tanah. Biji-biji tumbuhan lain yang terbawa angin kemudia tumbuh dan berkembang di daerah tersebut. Setelah banyak tumbuhan yang tumbuh di daerah tersebut, hewan-hewan pun mulai datang untuk mencari makanan. Setelah beberapa tahun proses tersebut berlangsung, ekosistem pun telah pulih dari kerusakan akibat bencana.

8. Paragraf Deskriptif
Topik : Ekosistem Hutan Hujan Tropis

         Karakteristik dari ekosistem hutan hujan tropis adalah selalu mendapatkan curah hujan yang tinggi. Tanaman yang berada di ekosistem ini merupakan tanaman yang berukuran besar. Karena tanaman-tanamannya berukuran besar sehingga terdapat daerah di bawahnya yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Selain itu terdapat banyak pohon-pohon yang tumbang. Di batang tanaman-tanaman yang berukuran besar terdapat tanaman lain yang menempel atau pun sekadar menumpang untuk mendapatkan pancaran sinar matahari langsung. Di daratan terdapat banyak tanaman-tanaman perdu yang tumbuh dengan lebat. Selain tanaman, terdapat pula hewan-hewan yang eksotis dan beraneka ragam, seperti harimau, monyet, orangutan, ular, berbagai macam burung dengan warna buku yang menarik, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar